Perbedaan Kegunaan Tali Manila dengan Tali PP

By | October 31, 2020

Kebutuhan manusia dalam bidang industri memang tidak bisa diperkirakan jumlahnya. Namun soal penggunaan tali manila tentu saja pasti memakainya. Sejauh ini tali dan kegunaannya memang tidak lepas dari aktifitas kegiatan manusia. Baik dari segi pekerjaan maupun penggunaannya didalam membantu memindahkan barang ukuran ringan sampai berat sekalipun.

Ada sisi menarik dari pemakaian tali, ada dari segi jenis serta kegunaannya. Selama ini ada dua jenis tali yang sering kali dijumpai yakni jenis tali manila dan tali pp. Tali manila adalah tali yang berbahan dasar serat dari pohon abaca. Umumnya pohon ini memang hanya tumbuh di Filippina.

Sedangkan talu PP merupakan jenis tali yang dibuat dari bahan serat buatan manusia. Banyak menyebutnya serat ini dengan nama popypropylene. Dimana bahan dasar dari tali jenis ini adalah minyak bumi kemudian melalui proses dan menjadi sebuah bijih plastik.

Tali manila bisa dikatakan tali yang tidak memiliki jenis lainnya. Mengingat bahan dasar dari tali jenis ini memang sama. Yang membedakannya hanya dari segi ukuran dan kegunaannya saja. Nah apa saja yang bisa membedakan dua jenis tali ini. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Jenis Perbedaan Tali Manila dan PP

Tali manila bisa dibilang sangat mudah menyerap air dari segi karakteristik bahannya. Sehingga jika dilihat dari nilai breaking load tentu saja kapasitas tahanannya dari gentakan memang sangatlah kecil. Sangat berbeda dengan tali PP yang tidak memiliki karakteristik menyerap air. Tentu dari hal ini breaking load tali PP lebih besar dibandingkan dengan tali manila.

Tali manila digunakan dalam pembuatan tangga di kapal. Sedangkan sejumlah industri yang selama ini memakai tali manila adalah logging, cargo, perikanan dan perkapalan. Sehingga beberapa industri ini memang sering kali memakai tali manila sebagai bahan dasar penambatan barang dalam kapasitas sedang.

Sedangkan tali pp dipakai dalam bidang lashing, ligh lifting, dan jala. Karena bahan pembuatannya memang halus, maka tali pp ini memang sangat tahan dari gesekan. Tidak akan mudah terputus jika tanpa terkena benda tajam maupun benda bersudut.

Nah, sudah paham bukan soal perbedaan tali manila dengan tali pp dari segi kegunaannya. Dengan mengetahui apa saja kelebihan dan keunggulannya, maka Anda tidak akan salah ketika akan beli tali manila untuk pekerjaan nantinya.